follow, live, choose

my dreams, my life, my future

Perayaan HUT Koperasi Tri Dharma Yogyakarta

Assalamualaikum wr.wb.

Pada hari Minggu yang lalu, tepatnya tanggal 24 Juni 2012 sore, di Jalan Malioboro Yogyakarta sedang diadakan perayaan Hari Ulang Tahun Koperasi Tri Dharma Yogyakarta yang ke-31. HUT Koperasi Tri Dharma ini dihadiri oleh anggota-anggota Koperasi Tri Dharma itu sendiri, dan juga Walikota Yogyakarta, Bapak Haryadi Suyuti. Koperasi Tri Dharma merupakan koperasi dengan anggota yang terdiri atas pedagang-pedagang di Yogyakarta. Perayaan ini diramaikan dengan pawai atau karnaval yang diikuti oleh kelompok-kelompok perwakilan dengan penampilan yang unik dan berbeda satu sama lain. Saya, yang saat itu tidak sengaja lewat jalan Malioboro dengan adik saya yang kebetulan sedang main ke Jogja, merasa kaget karena jalan Malioboro ditutup. Untunglah kami masih diberi kesempatan untuk lewat, lalu cepat-cepat kami memarkir motor di parkiran terdekat dan langsung berlarian dengan adik saya ke arah kerumunan yang ternyata orang-orang yang sedang maenonton karnaval. Tujuan awal kami semula ke Malioboro adalah untuk mengunjungi Benteng Vredeburg yang sedang menggelar festival kesenian. Namun, ternyata di sini sedang ada karnaval, mending nonton karnavalnya saja😀. Setelah berlarian cukup jauh, beruntung kami masih bisa mengambil gambar beberapa performer dalam karnaval tersebut. Inilah beberapa gambar beberapa penampilan performer yang sempat diambil dengan kamera ala kadarnya.

Pertunjukan Sendratari Ramayana yang seru karena hebohnya aksi para Buto dan Anoman yang sedang memperebutkan Shinta. Sorry for the bad quality image.

Ini penampilan dari kelompok yang isinya para pria ber beskap rapi dan berjalan dengan penuh sopan santun.

Penampilan ibu-ibu senam yang diiringi lagu “Iwak Peyek”. Bikin gayeng… Sayangnya ibu-ibu ini pake topeng. Biar bisa “total” kali ya🙂

Band pengiring musik Karnaval. Canggih juga lho band ini mainnya..

Yang lebih meramaikan lagi, perayaan HUT ini dilengkapi dengan acara “rayahan” yaitu perebutan barang-barang oleh masyarakat. Barang-barang atau merchandise yang berupa kaos, sandal jepit, kacamata, tas, dompet, aksesoris dan berbagai macam hiasan lainnya ini dipasang pada tiga gunungan. Jumlah merchandise yang dipasang cukup banyak, berjumlah 937 dari 837 pedagang.

Tiga gunungan yang berisi merchandise sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME.

Inilah gambaran keramaian yang terjadi di jalan Malioboro saat itu. Warga sudah berkerumun dan “mupeng” untuk memperebutkan merchandise di gunungan yang sudah disiapkan.

Meskipun jumlahnya cukup banyak, ternyata masyarakat tetap memperebutkan merchandise dengan sadis. Bahkan, rayahan yang seharusnya dimulai setelah pembacaan doa selesai dan diserahkan oleh Walikota ini pun terjadi sebelum pembacaan doa selesai. “Belum amiin aja udah direbutin” pikir saya. Ini merupakan bentuk antusias nafsu yang besar dari warga masyarakat untuk “merayah” barang-barang ini. Siapa sih yang gak suka gratisan? Hari gini….😀

Rayahan sudah dimulai! Padahal pas berdoa belum sampai “amiin….”

Dalam waktu gak ada satu menit, merchandise2 yang dipasang di ketiga gunungan ini sudah habis dijarah waga masyarakat.

Kerangka gunungan yang sudah kosong dari merchandise diangkut ke mobil pickup.

Tak lama kemudian, banyak mobil-mobil polisi berdatangan untuk mengamankan keadaan sekitar.

Jalan sudah mulai dibuka…

Kami perlu menunggu beberapa saat untuk pulang kembali ke kos karena jalan Malioboro sangat macet setelah ditutup, apalagi hari Minggu. Pasti banyak orang yang menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di sore hari, terutama wisatawan di luar Jogja.

Begitulah singkat cerita tentang perayaan HUT Koperasi Tri Dharma Yogyakarta yang ke-31. Semoga dapat selalu menyejahterakan anggota-anggotanya, sesuai dengan tujuan koperasi🙂

Ini foto adik saya dengan latar belakang tari-tarian Ramayana.

Gaya cacad saya di jalan yang sempat membuat adik saya malu memotret saya. Saya sendiri juga malu setelah melihat foto ini.

Foto bersama salah satu Mas Buto. Siapa yang lebih serem?

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya🙂

Wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 27, 2012 by in Little Escape.
%d bloggers like this: