follow, live, choose

my dreams, my life, my future

Gua Pindul: Keindahan tanpa Banyak Cakap

IMG_0336Keindahan tanpa banyak cakap. Datang ke Gua Pindul cuma bawa 1 stel baju ganti dan uang gak nyampe 100ribu (di luar bensin) aja udah bisa menikmati banyak keindahan yang gak bisa dilukiskan dengan banyak kata. Makanya saya bilang keindahan tanpa banyak cakap. Cukup dinikmati dan diresapi betapa indah ciptaan Tuhan kita.

Dengan berbekal 2 buah motor, saya dan pacar serta 2 orang teman saya ngabur ke Gua Pindul. Sengaja ngepasin waktu hari kerja, bukan pas weekend karena takut kedesak2 orang banyak jd sungainya terlalu rame. Berangkat pagi, kami sarapan dulu dan setelah perjalanan sekitar hampir 2 jam (karena belum hapal dan jalannya masih dengan bantuan google maps), dengan jalan yang tidak terlalu susah dan lumayan alus, tibalah kami di sana dan langsung mengantri untuk masuk. Kabarnya, di sana ada beberapa loket masuk yang menjual paket denga harga beda2, ya sudahlah karena kami waktu itu taunya cuma satu, kami langsung diantar oleh guide ke tempat tujuan yang dimaksud. Paket yan ditawarkan adalah 75rb dengan kegiatan: Cave Tubing (menyusuri sungai di bawah Gua Pindul) dan Rafting. Agak lupa juga nama sungainya, kalo gak Kali Oyo ya Kali Elo. Maklum ke sana udah beberapa bulan yang laluπŸ™‚. Kami diantar oleh guide bersama rombongan-rombongan lain ke pangkalan sebelum menyusuri Gua PIndul.

Image

Pasukan ber-ban menuju medan perang

Kami disuruh berjajar di sungai sebelum jalan menyusuri Gua Pindul dengan bergndeng-gandeng seperti ini.

Image

Sudah itu, kami di’geret’ jalan menuju bawah gua gitu deh…

Image

Di dalam gua, diceritain banyak hal tentang riwayat gua ini, termasuk mitos-mitos yang ada di sini. Di satu titik di bawah gua ini, ada satu tempat yang gelapnya bukan main. Melek aja gak keliatan apapun. Mau ngambil foto pake blitz pun gak ketangkep. Yasudah kami pasrah aja menikmati kegelapan di bawah gua, sampe akhirnya menuju mulut gua satunya. Penasaran, kami pun memutuskan turun dari ban pelampung dan turun berenang di air menggunakan life vest.

Image

Setelah puas berenang-renang di sini kami pun naik untuk melanjutkan ke sungai berikutnya untuk rafting.

Image

Kami berangkat menuju sungai untuk rafting menggunakan mobil pick up (bak terbuka) dan dijejal-jejal dengan penumpang2 lain supaya efisien. Tak lama kemudian, sampailah di sungai tersebut. Yang dimaksud rafting di sini jangan dibayangkan seperti rafting di kali elo magelang yang arusnya gede trus se boat diisi beberapa orang. Di sini, raftingnya pake ban satu per satu seperti cave tubing tadi. Lah?

Awalnya saya rasa arusnya lumayan kenceng, hampir mau teriak. Tapiiii….. eeehh sampai beberapa puluh meter jalan, kok airnya jadi super duper tenang… jauh dari terminologi rafting menurut benak saya selama ini. heheπŸ™‚

Setelah saya tanya sama guide-nya, ternyata model rafting nya memang seperti ini. Air sungainya tenang karena seharian dari kemarin gak turun hujan. Alhasil kami pun cuma ber- “selow2” ria naik ban pelampung mengikuti aliran air sungai dan menikmati angin sepoi-sepoi di bawah matahari yang lumayan panas. Untung udah pake sun block. Hmm.

Nah, yang menarik, ada tempat-tempat tertentu di pinggir sungai ini yang sering digunakan wisatawan untuk menguji adrenalin dengan melompat dari “tebing” ke sungai, sayangnya waktu sampai di sini saya gak berani ngeluarin handphone untuk mengambil gambar. Takut kecemplungπŸ™‚ hehehe.

Akhirnya, kita sampai juga di akhir perjalanan “rafting” yang cukup menyenangkan. Kami pun beberes badan, mengganti baju lalu pulang ke rumah.

See you again, Gua Pindul…πŸ™‚

NB:

Rute ke Gua Pindul

Alternatif I: jalan Jogja Wonosari – Bukit Bintang – Bundaran Siyono belok kiri – Perempatan grogol belok kiri – masuk Bejiharjo.

Alternatif II Rute Wisata : jalan Jogja Wonosari – Bukit Bintang – Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba – Desa Wisata Bobung (kerajina topeng) – Sambipitu – Rest Area Bunder – Bundaran Siyono belok kiri – Perempatan grogol belok kiri – masuk Bejiharjo.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on March 8, 2013 by in Little Escape.
