follow, live, choose

my dreams, my life, my future

Human. Manusia. Jalma.

50 por - Crowe Fotos.Rasanya lama sekali saya gak nulis di blog (bukan rasanya, tapi memang udah lama).

Pagi ini terpikir oleh saya kenapa manusia itu diciptakan berbeda-beda. Sangat-sangat berbeda. Dulu, saat saya masih kuliah S1, saya aktif dalam organisasi Koperasi Kopma UGM. Di organisasi tersebut. ada seorang pemimpin yang sangat karismatik. Sangat sulit mendeskripsikan karismatik itu yang bagaimana, tetapi begitulah saya merasa. Tepatnya saya dan beberapa teman saya. Pemimpin divisi lainnya, berbeda. Ternyata tidak semua pemimpin itu berkarisma. Ada yang sifatnya structuring, ada yang sifatnya considerate. Kalau dua hal ini saya bisa sedikit menjelaskan. Tapi tidak untuk charismatic. Tipe ini terlalu “abstrak” menurut saya. Pemimpin yang structuring sifatnya praktikal. Pandai memberikan instruksi yang konkrit dan jelas orang-orang yang dipimpinnya harus melakukan apa saja. Sedangkan pemimpin yang considerate memiliki orientasi yang berbeda. Dia lebih “welfare-oriented” dalam mengambil keputusan. Sedikit sulit mengharapkan tipe pemimpin seperti ini akan bersikap “tega” sama bawahannya.

Hari itu saya presentasi tentang sebuah artikel yang terkait dengan tipe2 kepemimpinan terebut. Apa hasilnya? ternyata tipe kepemimpinan membawa pengaruh yang berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan apa yang menjadi job-desc bawahannya. Jika suatu tim memiliki job-desc yang cenderung praktical, bukan bersifat strategis, mereka lebih cocok dipimpin oleh pemimpin yang bersifat structuring. Secara teori ini benar. Namun, dalam penelitian yang saya presentasikan kali ini memberikan bukti bahwa tipe pemimpin yang considerate lah yang banyak memberikan pengaruh peningkatan kinerja tim. Kenapa? Ini menimbulkan pertanyaan bagi saya pribadi, yah jawabannya mungkin tidak akan saya temukan sekarang karena saya justru ingin meriset ulang tentang hal ini. Tapi ini tidak akan saya bahas sekarang, karena saya lagi pengen bahas, intinya tipe manusia itu beda-beda, dan bisa memberikan efek yang berbeda pula di lingkungannya. lebih jauh lagi, tidak hanya lingkungan seperti apa yang Jalma analisis, tetapi juga tipe pasangan seperti apa yang cocok untuk orang-orang dengan tipe-tipe tertentu. Penasaran?

Leave a Reply

Information

This entry was posted on March 8, 2013 by in Business.
