follow, live, choose

my dreams, my life, my future

Let’s Get N.E.R.D!

Image

Hello world!

Lamaaaa kali saya gak nulis di sini. Sekarang saatnya saya menulis lagiiii, tereret tereeettt…!!!

Karena lama gak nulis, saya jadi kagok juga nih. Mungkin malah tulisan kali ini agak diwarnai dengan nuansa ‘curhat’. Gak papa yaah…🙂

Akhir-akhir ini memang berasa tidak ada kesempatan untuk sekedar menuliskan uneg-uneg atau sekedar membagi ‘sesuatu’ di sini, terutama dikarenakan tugas kuliah yang membabi-buta, sehingga tugas kedua saya setelah mengerjakan tugas kuliah adalah menjaga babi supaya jalannya terarah karena dia buta.

Sedikit sharing, kuliah S2 itu tidak mudah, apalagi ketika kita dihadapkan dengan konspirasi kemakmuran sehingga kita juga harus mencari tambahan penghidupan untuk mendapatkan sebongkah nasi dan sesuap berlian, bukan sesuap nasi sebongkah berlian karena berlian tidak bisa dimakan. Hehe. Itulah kenapa, bahkan menulis blog pun waktu berasa tidak cukup luang. Seandainya boleh berandai-andai, saya ingin dalam satu hari itu ada 25 jam, sehingga kalaupun dalam 24 jam saya harus mengerjakan tugas kuliah dan tugas pekerjaan, saya masih punya waktu satu jam untuk tidur (lebay). Haha, itu adalah pemikiran saya dulu sebelum mencoba untuk memanage waktu dengan baik. Lama-kelamaan, kita tidak bisa hidup seperti itu, teman. Kita butuh belajar tentang kemampuan manajemen waktu, terutama bagaimana caranya supaya kita masih bisa punya waktu untuk belajar di tengah-tengah kesibukan pekerjaan yang membutuhkan dedikasi. Dan berikut ini adalah sedikit tips dari saya.

1. Bawalah buku ke manapun anda pergi.

Ini adalah tips yang sangat jitu. Ketika pergi ke manapun, kita akan selalu teringat oleh mata kuliah yang bukunya kita bawa ke mana-mana karena setiap membuka tas untuk mengambil dompet atau handphone, kita pasti melihat buku itu dan mau gak mau pasti teringat.

Saat saya sedang di pesawat dalam penerbangan Surabaya-Jogja demi menunaikan tugas mulia, saya tidak punya kegiatan lain selain membaca buku untuk persiapan kuliah esok harinya. Seorang dosen yang duduk di sebelah saya bertanya: “Kenapa kamu gak pakai stabilo saja supaya belajarnya lebih enak?” lalu saya menjawab, “Saya ingin supaya membaca buku ini seperti membaca cerita, yang ketika saya baca bisa langsung merasuk.” dan memang berhasil, teman! Cara seperti ini mungkin sulit bagi yang belum terbiasa, tapi bisa dibiasakan dengan mengubah mindset kita bahwa baca buku itu bukan untuk belajar tapi untuk menambah pengetahuan, dan posisikan diri kita adalah orang yang haus pengetahuan. Tidak kalah penting, anggap semua buku kuliah itu adalah buku cerita. Semua isinya adalah cerita.

2. Jika ada waktu luang, gunakan untuk membaca!

Di manapun, kapanpun ada waktu luang, membacalah. Saat berada di ruang tunggu bandara, saat menunggu pesanan makanan di retoran, saat menunggu pacar menjemput malem mingguan, dan saat menunggu jam kuliah atau mengajar. Kayak kebiasaan orang bule-bule gitu deh.

3. Alokasikan waktu tidur yang cukup

Kebanyakan membaca dan kerja jadi kurang tidur? sayang banget. Itu akan membuat kita jadi semakin tidak fokus di keesokan harinya. Sebisa mungkin membuat jadwal apa saja yang harus dilakukan dalam satu bulan, lalu dirinci dalam setiap minggu, kemudian setiap hari. Hal ini akan membatu kita untuk semakin terorganisasi dan punya waktu cukup untuk tidur (dengan catatan setiap tugas yang kita kerjakan bisa selesai tepat waktu. kalau belum bisa tepat waktu, diselesaikan besoknya, dan buat jadwal baru. tapi sangat disarankan untuk ditepati🙂. ) Dengan tidur yang cukup, maka kita semakin punya tenaga dan lebih bisa konsentrasi dalam membaca buku ‘cerita’.

Oke, akan segera diupdate lagi tulisan ini. Sementara demikianlah beberapa tips dari saya yang saya peroleh berdasarkan pengalaman sendiri. Semoga teman-teman yang menjalani dua aktivitas sekaligus seperti saya tidak kesulitan untuk membagi waktunya. jangan takut kalau dibilang kayak orang kutu buku karena ke mana2 baca buku.

Let’s Get Nerd!

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 9, 2013 by in Just Saying.

Navigation

